Resep Mangut Lele Mbah Marto

Resep mangut ikan lele mbah Marto udah legend banget, warung ini dibuka sejak 70 tahun silam dan sekarang dikelola oleh sang cucu. Terletak di daerah Bantul tepatnya dusun Nggeneng, Panggungharjo, Sewon (sekitar 7 km ke arah selatan dari Jogja).

Anda bisa mampir kesana setelah dari pantai Parangtritis. Bumbu rempah pedas dari kuah mangut lele dapat menghangatkan tubuh setelah kedinginkan berendam di pantai. Lokasinya memang berada di gang sempit tapi cukup mudah kok menjangkaunya.

Masakan mangut lele adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah - Jogja dibuat dari ikan lele yang disiram dengan kuah santan berbumbu rempah lengkap. Si ikan biasanya diolah dengan cara diasapi namun sekarang lebih banyak yang digoreng, dengan alasan lebih praktis.

Resep Mangut Lele Mbah Marto

Bahan yang perlu dipersiapkan tentunya ikan lele, belilah ikan segar dengan langsung ke pergi ke pasar. Mintalah si penjual untuk membersihkan kotoran ikan lele dan segera pulang untuk mengolahnya. Lebih fresh lebih enak! Tapi kalau ingin cepat bisa beli langsung lele asap.

Baca juga: Ciri Ciri Ikan Berformalin yang Harus Kita Ketahui

Si ikan lele diasapi dengan penuh kesabaran, hasilnya ikan lebih sehat (tanpa minyak) dan tahan lama. Semua hal mulai bumbu dan cara memasak mangut masih dipertahankan sejak dulu sampai sekarang. Tidak heran rumah mbah Marto tidak pernah sepi pengunjung.

Beliau tidak melarang kita melihat proses pembuatan mangut di pawon, bahkan pembeli langsung dilayani disini. Tapi sayang, mbah Marto tidak mau memberikan takaran pas untuk bumbu rahasia mangut lele. Beliau berkata "Rahasia Perusahaan", bumbu tersebut hanya diwariskan turun temurun untuk menghidupi anak-cucu ke depannya. (kompasania).

Bumbu mangut lele ala mbah Marto menggunakan rempah-rempah lengkap sehingga memberikan aroma sedap dengan rasa yang mengoyang lidah. Semua proses memasak dilakukan dengan tungku kayu bakar sehingga cita rasanya lebih mantap.
Resep Mangut Lele Mbah Marto
© tesyasblog.com
Bahan:
  • Ikan lele asap atau goreng 5 buah
  • Santan 800 ml
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam 1 sdt
  • Gula merah 0.5 sdm
  • Lengkuas 2 cm (digeprek)
  • Kaldu bubuk 0.5 sdt (optional)
Bumbu Mangut Lele (dihaluskan)
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kencur 1 cm
  • Kunci 1 cm
  • Cabai merah sesuai selera
  • Cabai rawit kalau suka pedas
Cara Memasak Mangut Lele:
Kalau anda mengoreng sendiri, sebaiknya jangan sampai terlalu kering karena tekstur ikan mangut itu lebih enak kalau empuk. Jangan lupa dibumbui dengan jeruk nipis dan garam agar tidak amis. Dapur (dot) website telah membahas ini di artikel sebelumnya Cara Membersihkan Ikan Lele Agar Tidak Amis.

Uleg semua bumbu yang dihaluskan dengan cobek batu kali, mbah Marto menggunakan metode ini agar aroma dan rasa lebih keluar. Ambil wajan dengan sedikit minyak lalu tumis semua bumbu halus sampai tercium sedikit harum.

Masukkan santan ke dalam wajan dan bumbu lainnya, aduk-aduk sampai merata dan koreksi rasa. Tunggu sampai mendidih, tinggal masukkan ikan lele asap/goreng. Panaskan dengan api sedang sampai bumbu meresep ke dalam ikan.

Setelah terlihat bumbu mengental dan ikan sudah empuk, matikan kompor. Resep mangut lele telah selesai, tinggal disajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan seperti mentimun, kemangi, selada dll. Dijamin bisa bikin anda manggut-manggut setelah puas dengan rasa pedasnya.


Banyaknya rempah-rempah dan rasa pedas dari cabai sering membuat perut bergemuruh. Oleh karena itu mbah Marto sering memberikan daun pepaya sebagai makanan pedamping. Si daun yang terkenal pahit ini dapat membuat perut lebih dingin. Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Seiring perkembangan jaman, resep sayur mangut memiliki banyak sekali modifikasi terutama pada bahan utama yaitu ikan. Selain lele, kita bisa memakai ikan air tawar lain seperti ikan nila, patin, mujair, gabus ataupun pe. Cara membuat bumbu mangutnya masih sama dengan resep di atas.

Oh ya di dekat warung Mbah Marto juga ada warung mangut lele yang juga terkenal namanya Bu Is. Walaupun sama-sama dibuat dengan ikan lele ada sedikit perbedaan dimana milik Bu Is lelenya digoreng dengan kuah santan yang lebih kental.

Sekian artikel tentang Resep Mangut Lele Mbah Marto dengan Bumbu Super Pedas. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

.......... Baca Juga ...........

Labels: KULINER, Tulisan Jeffrie

Thanks for reading Resep Mangut Lele Mbah Marto. Please share...!

0 Komentar untuk "Resep Mangut Lele Mbah Marto"

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Back To Top