Macam Pohon Untuk Penghijauan

Akhir-akhir ini sudah banyak gerakan-gerakan dan komunitas yang mengajak kita untuk bergaya hidup peduli lingkungan dan penghijauan. Salah satu caranya adalah menanam pohon untuk penghijauan. Dimana pohon yang akan ditanam sebagai penghijauan tetapi juga dapat sebagai pohon yang bisa menyerap polusi.

Untuk itu masyarakat perlu melakukan kegiatan untuk melakukan penghijauan sehingga dapat mengurangi polusi yang ada.


Berikut, Jenis Pohon Yang Cocok Untuk Penghijauan :

1. Akasia (Acacia Auriculiformis)
Pohon akasia adalah sebagai salah satu peneduh di tepi-tepi jalan. Kegunaan pohon akasia juga adalah untuk penahan banjir di lereng-lereng tandus. Tumbuhan ini memang dapat tumbuh dengan cepat sekalipun tidak dirawa. Namun, tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang rapuh karena cabangnya mudah patah. Lalu tanaman ini kemudian digantikan dengan tanaman lain yang lebih bisa bertahan di segala musim, salah satunya adalah sawo kecik.

2. Angsana (Pterocarpus Indicus)
Angsana adalah pohon kayu yang berkualitas tinggi. Kayunya cukup keras dan daunnya yang rindang cocok dijadikan untuk penghijauan.

3. Cemara (Cupressus Retusa)
Pohon cemara biasanya sering di tanam di pinggir jalan, selain cocok untuk penghijauan, selain tumbuh di hutan, cemara kini bisa di jadikan tanaman hias.

4. Keraipayung
Kerai payung merupakan tanaman peneduh yang berbentuk menyerupai payung. Daun-daunnya yang berbentuk sirip memanjang, berjarak rapat, dan cocok ditanam di negara beriklim tropis.

5. Mahoni
Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% sampai 69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar.

6. Palem
Palem adalah pohon yang tidak bercabang. Hampir mirip dengan pohon kelapa. Dan bisa tumbuh sampai 20 meter.

7. Pohon Tanjung
Pohon tanjung sudah ditanam dari jaman dulu oleh pemerintah. Karena daunya rimbun, sangat cocok untuk orang berteduh. Tanjung tergolong tanaman yang dapat bertahan hingga usia tua. Konon pohon tanjung tercatat dapat hidup hingga usia ratusan tahun.

8. Johar (Cassia Siamea)
Johar merupakan pohon yang sangat umum ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh. Johar ini sangat mudah dikenali dengan bunganya yang berwarna kuning dan daun majemuk menyiripnya ditambah untaian buah polongnya yang biasa kering di tangkainya. Johar termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan mampu beradaptasi pada daerah kering, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau sebagai tanaman perintis.

.......... Baca Juga ...........

Labels: Go Green, Tulisan Jeffrie

Thanks for reading Macam Pohon Untuk Penghijauan. Please share...!

0 Komentar untuk "Macam Pohon Untuk Penghijauan"

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Back To Top