Cara Peduli Lingkungan

Go Green bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah telah mengajukan berbagai program serta menetapkan bermacam-macam regulasi untuk mendukung pelaksanaan program Go Green. Seperti yang kita ketahui bersama, Go Green adalah suatu upaya untuk menghijaukan kembali lingkungan kita yang sudah tercemar dengan tindakan nyata. Seperti yang dikutip oleh Nurais (2009), tujuan dan misi pelaksanaan Go Green adalah sebagai berikut.

TUJUAN
  1. Menghambat Global Warming.
  2. Memelihara stabilitas iklim den mencegah cuaca ekstrim.
  3. Menjamin lingkungan hidup yang lebih sehat (mengurangi pencemaran, menyediakan udara yang lebih sehat)
  4. Memelihara tata guna air, dan menjamin surplus produksi.
  5. Mengurangi degradasi lingkungan, menyelamatkan bumi untuk penghidupan yang lebih baik 
MISI
  1. Tergalangnya pelaksanaan Go Green sebagai gerakan bersama yang melibatkan sebanyak mungkin komponen masyarakat. 
  2. Berkembangnya pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) bina lingkungan dari perbankan/dunia usaha dan lembaga donor.
  3. Terciptanya semangat baru dari pemerintah, lembaga mitra, dunia usaha, dan masyarakat luas untuk mengambil peran menghijaukan Indonesia sebagai tanggung jawab bersama.
Agar dapat mencapai tujuan dan misi dari program Go Green, maka pemerintah mencanangkan berbagai program yang dapat mendukung pelaksanaan Go Green. Berbagai upaya telah dilakukan, namun belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Ada saja kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan Go Green. Baik itu dikarenakan kurangnya partisipasi dari masyarakat, kurangnya penegasan dari pemerintah, maupun kurangnya pengetahuan oleh masyarakat mengenai pelaksanaan Go Green yang baik dan benar.

Melihat kendala tersebut. Pemerintah diharapkan dapat lebih menegaskan regulasi-regulasi mengenai pelaksanaan Go Green dan juga memberikan penyuluhan mengenai pelaksanaan Go Green kepada daerah-daerah tertentu, selain itu peran aktif dari masyarakat yang berdasarkan kesadaran sendiri akan kepedulian terhadap lingkungan juga sangat penting demi terciptanya lingkungan bersih, asri dan nyaman. Sehingga diharapkan masyarakat dan pemerintah dapat bekerja sama dalam melaksanakan program Go Green demi kebaikan bersama.

.......... Baca Juga ...........

Labels: Go Green, Tulisan Jeffrie

Thanks for reading Cara Peduli Lingkungan. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Peduli Lingkungan"

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Back To Top